Panduan Pengujian A/B SEO Halaman Arahan

Sebagian besar bisnis sekarang beriklan secara online dan agar menonjol, Anda memerlukan situs web yang memberikan pengalaman pengguna yang mengesankan.

Sudah jelas bahwa Anda harus memberikan fokus khusus pada halaman arahan saat menyusun strategi optimasi mesin pencari (SEO). Laman landas adalah laman pertama yang dituju oleh pengunjung situs Anda.

Berikut adalah panduan layanan desain web halaman arahan ekstensif untuk membantu Anda menarik pengguna.

Apa itu Pengujian A/B?
Pengujian A/B adalah strategi pemasaran di mana Anda membandingkan dua versi serupa dari laman landas Anda dengan satu item yang diubah pada variasinya.

Seringkali pengujian A/B disalahartikan dengan strategi SEO lain yang dikenal sebagai pengujian terpisah.

Berbeda dengan pengujian A/B, pengujian terpisah adalah saat Anda membandingkan dua versi laman landas yang sangat berbeda satu sama lain.

Misalnya, jika Anda melakukan pengujian A/B pada laman landas, Anda mungkin memutuskan untuk mengubah satu aspek dari versi pengujian seperti tombol ajakan bertindak (CTA).

Dengan pengujian terpisah, Anda akan membandingkan dua versi laman landas yang sangat berbeda.

Saat Anda menjalankan eksperimen pengujian AB laman landas, Anda harus memiliki versi kontrol dasar laman landas yang tidak akan berubah. Halaman arahan kontrol inilah yang disebut versi A.

Anda kemudian memerlukan laman landas kedua, yang dikenal sebagai versi B, tempat Anda melakukan sedikit penyesuaian pada fitur tertentu.

Untuk setiap penyesuaian yang Anda lakukan pada versi B, Anda akan membandingkannya dengan versi A dan menganalisis hasilnya.

Mengapa Pengujian A/B Merupakan Bagian Penting dari Strategi SEO Halaman Arahan?
Jika Anda tidak terbiasa dengan pengujian A/B, Anda akan dimaafkan jika menganggapnya terdengar terlalu rumit dengan manfaat yang tidak jelas.

Tidak ada yang jauh dari kebenaran.

Ada manfaat nyata pada strategi ribuan prospek seo Anda saat Anda menjalankan pengujian A/B di halaman arahan Anda. Berikut beberapa di antaranya.

Tingkat Konversi Lebih Tinggi
Sebagai sebuah bisnis, Anda mungkin telah melakukan penelitian ekstensif untuk memahami pelanggan yang Anda layani.

Meskipun penelitian semacam itu diperlukan, Anda tetap harus terus mempelajari interaksi pelanggan dengan situs web Anda.

Menjalankan pengujian A/B di laman landas akan memberi tahu Anda fitur apa yang paling ditanggapi pelanggan Anda.

Dengan informasi ini, Anda dapat  merancang halaman arahan yang efektif  untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang berubah menjadi pembeli.

Lebih Banyak Keterlibatan
Meskipun keinginan Anda sebagai sebuah bisnis adalah melihat setiap pengunjung menindaklanjuti CTA Anda dan berkonversi, hal itu tidak pernah terjadi.

Ketika pengunjung tidak melakukan pembelian, bukan berarti tidak ada manfaatnya bagi Anda.

Halaman arahan Anda dapat menjadi titik interaksi penting untuk menyebarkan pesan Anda. Misalnya, pengunjung yang tidak melakukan konversi tetapi terhubung dengan halaman arahan Anda kemungkinan besar akan mengikuti Anda di media sosial.

Menjalankan pengujian A/B akan membantu Anda merancang laman landas yang sesuai dengan pengunjung tersebut sehingga mereka tetap mengingat Anda meskipun mereka tidak melakukan konversi.

Apa yang Harus Diuji
Menjalankan pengujian A/B dapat memakan waktu. Anda akan mengubah satu elemen pada satu waktu dan menunggu untuk mengamati hasilnya.

Sebagai aturan praktis, Anda tidak ingin menjalankan beberapa pengujian A/B secara bersamaan karena Anda perlu menerima masukan yang dapat ditindaklanjuti per elemen.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda perlu mengetahui elemen halaman arahan yang harus Anda uji.

1. Judul
Buatlah  judul yang menarik  karena itulah hal pertama yang akan dilihat pengunjung Anda.

Judul yang menyampaikan manfaat atau kombinasi masalah dan solusi akan memiliki daya tarik yang tinggi.

Ubah kata-katanya sedikit untuk mendapatkan kata-kata yang paling efektif, seperti mengganti kata kerja yang membosankan dengan kata kerja yang menarik.

2. Salinannya
Salinan laman landas Anda tetap sama pentingnya dengan gambar dan video yang akan Anda gunakan.

Ini menyampaikan penawaran Anda, menyampaikan informasi tentang perusahaan Anda dan membantu pengunjung terlibat dengan situs Anda.

Jalankan pengujian A/B pada penawaran Anda untuk mengetahui mana yang paling disukai klien Anda.

Pastikan Anda menggunakan metode yang akan selalu memberikan penawaran yang sama kepada kelompok pengguna yang sama.

Misalnya, jika Anda menawarkan bonus kepada grup A sekaligus memberikan hadiah gratis kepada grup B, maka Anda harus memastikan bahwa grup A selalu memiliki pengunjung yang sama. Hal yang sama berlaku untuk grup B.

3. Gambar dan Video
Pengguna online tertarik pada item visual seperti gambar dan video, tetapi itu tidak berarti Anda harus menggunakannya.

Banyak laman landas berfungsi dengan baik dengan teks minimal dan banyak ruang kosong.

Mengingat hal ini, salah satu pengujian yang harus Anda jalankan adalah menghapus semua video dan gambar dari halaman arahan untuk mengukur responsnya.

Anda kemudian dapat melanjutkan untuk menambahkannya secara bertahap saat Anda memantau masukannya.

4. Ajakan Bertindak
CTA Anda adalah tempat Anda menjual penawaran Anda kepada pengunjung. Karena ini adalah titik fokus promosi Anda, Anda perlu menguji berbagai aspeknya untuk menghasilkan kombinasi yang tepat.

Bandingkan salinan CTA Anda, latar belakang dan warna font atau bahkan ukuran dan gaya font untuk mengetahui mana yang terbaik untuk situs Anda.

5. Tata Letak
Tata letak adalah cara Anda memilih untuk memposisikan semua elemen di halaman arahan Anda. Anda perlu bermain-main dengan cara Anda mengatur konten untuk mengidentifikasi tata letak yang paling optimal.

Ingatlah bahwa meskipun perubahan pada tata letak Anda mungkin tampak sederhana, namun memiliki dampak yang signifikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menemukan dan Memilih Perusahaan Pengiriman Barang

Menulis Cerita Berita di Web? 15 Tips Membuat Cerita Anda Bersinar

Panduan Memilah Jasa Cetak Spanduk Ataupun Banner